Top Banner

Diskominfo KLU Menggelar Rakor Dewan Smart City dan Forum Kota Cerdas Kabupaten Lombok Utara


Diskominfo KLU Menggelar Rakor Dewan Smart City dan Forum Kota Cerdas Kabupaten Lombok Utara
Diskominfo KLU, Tanjung - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lombok Utara, Anding Duwi Cahyadi, S.STP., MM, buka Rapat Koordinasi Smart City yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lombok Utara bidang E-Government. Kegiatan tersebut bertempat di Lesehan Sasak Narmada. Senin, (3/5/2024).
Dalam sambutannya, Sekda KLU menyampaikan bahwa pentingnya sinergi antar OPD dalam mewujudkan Visi Smart City di Kabupaten Lombok Utara. Penerapan konsep Smart City tidak hanya terbatas pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, tetapi juga mencakup aspek tata kelola yang efektif dan efisien untuk meningkatkan pelayanan publik.
"Kita harus bekerja sama untuk mengintegrasikan semua sistem dan data yang ada di setiap OPD agar dapat memberikan layanan yang cepat, tepat, dan transparan kepada masyarakat", ucap Sekda KLU.
Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lombok Utara, Hairul Anwar, S.Kom, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan evaluasi semua OPD di Kabupaten Lombok Utara, sejauh mana perangkat daerah untuk melakukan smart city, dokumen RPJMD seperti Smart Branding terkait pariwisata, peningkatan kapasitas dan kualitas lingkungan, jadi Diskominfo hanya mengumpulkan, kemudian akan di nilai oleh pemerintah pusat" ucap Kadis Kominfo.
Selain membahas langkah-langkah strategis untuk implementasi Smart City, rapat ini juga dijadikan ajang diskusi untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang yang ada dalam proses tata ruang kota. Para peserta rapat berkesempatan untuk bertukar pandangan dan berbagi pengalaman mengenai berbagai inisiatif yang telah dilaksanakan di kota-kota lain.
Rapat koordinasi ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Diskominfo Kabupaten Lombok Utara untuk mendukung transformasi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui teknologi yang inovatif dan berkelanjutan.
(Mng).