PDAM Lombok Utara Lestarikan Sumber Air, Ini Pesan Bupati Najmul…

Hits: 58

kicknews.today – Untuk menjaga kelestarian hutan yang berimplikasi terhadap ketersediaan sumber air di Gumi Tioq Tata Tunak Lombok Utara, Senin (5/2), PDAM Lombok Utara melakukan penanaman pohon di kawasan mata air Jonkplanka Dusun Anjah Desa Persiapan Selelos Kecamatan Gangga.

Dalam kegiatan itu, hadir Bupati Lombok Utara H. Najmul Akhyar, Wakil Bupati Sarifudin, Wakapolres Lotara Kompol Teuku Ardiansyah, dan Kepala PDAM Raden Waliadin serta sejumlah kepala SKPD di Kabupaten Lombok Utara.

Bupati Lombok Utara H. Najmul Akhyar mengungkapkan, jika belakangan fenomena hutan yang gundul beralih fungsi cukup rentan di Indonesia.

“PBB melansir setidaknya 15 pohon hilang di seluruh dunia dalam satu menit. Banyak faktor yang menjadi penyebab. Tentu kita tidak ingin hal ini terjadi di Indonesia apalagi di kabupaten kita,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, hutan merupakan warisan yang akan diturunkan kepada anak cucu, maka sudah pasti keberadaanya harus dijaga oleh semua elemen masyarakat.

Najmul juga tidak ingin jika seremoni penanaman pohon ini, justru hanya terkesan megah di luar tetapi tidak ada tindak lanjut ke depan.

“Tujuan mulia kita ini jangan hanya dilakukan secara simbolis. Saya tidak ingin anggaran malah besar pada acara ini tetapi tidak untuk biaya pemeliharaan pohon. Karena hutan adalah warisan untuk anak cucu kita,” tegasnya.

Sejauh ini, kata Najmul, area hutan di Lombok Utara dianggapnya cukup bagus. Terlebih mengenai pengelolaan dalam konteks air bersih oleh PDAM.

Langkah penanaman pohon, tidak akan berhenti sampai di sini saja. Beberapa dinas nantinya akan membuat program serupa guna mendukung eksistensi hutan sebagaimana fungsinya.

“Ini sangat berpengaruh, kalau tidak bisa kita jaga secara bersama. Maka nanti akan dilanjutkan lagi oleh dinas lainnya seperti LH, untuk melakukan program penanaman pohon di tempat lain,” pungkasnya.

Sementara itu, Dirut PDAM Raden Waliadin menjelaskan setidaknya ada seribu pohon yang sudah ditanam pada kawasan mata air tersebut. Pohon yang ditanam pun beragam, mulai dari beringin, matoa, johar, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya mengenai potensi air yang dihasilkan, nilai edukasi hutan adalah salah satu tujuan ditanamnya pohon di kawasan setempat.

“Kami sudah mulai dari November tahun kemarin, bisa dilihat pohonnya telah tumbuh dan hari ini simbolis penanamannya. Kami mencoba mengembalikan fungsi hutan untuk penampungan air jangka panjang,” jelasnya. (iko)

Sumber : https://kicknews.today/2018/02/05/pdam-lombok-utara-lestarikan-sumber-air-ini-pesan-bupati-najmul/

Rate this article ( 0 Vote )

About The Author

D

Gender: Male lalusyarief@gmail.com