Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Diskominfo dan BPS KLU Gelar Sosialisasi Satu Data

Diskominfo KLU, Tanjung – Dinas Komunikasi dan Informasi KLU Bersama Dengan BPS KLU Gelar Sosialisasi Satu Data Indonesia Tingkat Desa Se-Kabupaten Lombok Utara Tahun 2022. Kegiatan Tersebut Berlangsung di Lesehan Sasak Narmada Rabu,(2/11/2022).

Saat diwawancarai, Kepala Bidang Persandian dan Statistik, Sukardin, SE menyampaikan bahwa berdasarkan Perpres Nomor 39 tahun 2019, Satu Data di Indonesia merupakan kebijakan tata kelola data Pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar instansi pusat dan instansi Daerah melalui pemenuhan standar data, mendata, interoperabilitas data dan menggunakan kode refrensi data induk.

Tujuan dari sosialisasi ini untuk meningkatkan kesadaran bagi pemerintah Desa maupun pemerintah Daerah, akan pentingnya data yang lengkap dan akurat demi terwujudnya pembangunan yang berkualitas dan tepat sasaran,” Ucapnya.

Sementara itu Kepala BPS KLU, Drs Syamsudin menyampaikan pihaknya mempunyai program percepatan penguatan data statistik sektoral yang dilaksanakan pada tingkat pemerintahan Desa yang di sebut Desa Cinta Statistik (Desa Cantik).

Desa cantik bertujuan untuk meningkatkan literasi, Kesadaran dan peran aktif Perangkat Desa dan masyarakat dalam penyelenggaraan statistik, serta untuk meningkatkan kompetensi dalam mengelola, memanfaatkan dan memahami data statistik dengan baik.

Dengan adanya sosialisasi ini, Kepala BPS KLU berharap operator Desa bisa memberikan data yang akurat.

(Idham/Mizan)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.