Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

FOGGING NYAMUK UNTUK MENCEGAH PENYAKIT DEMAM BERDARAH DI DUSUN TELOK KOMBAL

KIM-TELKOM – Dalam rangka pencegahan penyakit Demam Berdarah (DBD) Pemerintah daerah Lombok Utara bersama dengan pemerintah Desa Pemenang Barat melakukan penyemprotan Fogging nyamuk bertempat di Dusun Teluk Kombal, Jumat (08/07/2022).

Fogging tersebut bertujuan untuk mengurangi populasi nyamuk, sehingga risiko penularan penyakit akibat gigitan nyamuk pun dapat ditekan. di Dusun Teluk Kombal sudah ada 3 warga yang terjangkit penyakit Demam Berdarah (DBD) diantara nya 2 balita dan 1 Remaja.

Penyemprotan Fogging ini di lakukan di tiga titik.Titik pertama Di gang masjid,titik kedua di gang mendagi dan titik ke tiga di gang SD 3 Pemenang Barat.

Penyemprotan ini berlangsung dari pukul 09.00 sampai pukul 10.45.Sebelum melakukan Fogging Masyarakat Dusun Teluk Kombal melakukan gotong royong terlebih dahulu,di antaranya membersihakn selokan air tempat bersarang nya nyamuk.

Untuk mencegah dampak negatif fogging,
Kepala Dusun Teluk Kombal (Multazam) sebelumnya telah menghimbau Masyarakat untuk “menghindari area penyemprotan (Fogging),mengosongkan bak mandi atau wadah penampungan air sebelum penyemprotan dilakukan.

Tutupi barang-barang di rumah,seperti alat makan, baju, atau handuk, di tempat yang rapat,Jangan biarkan ada makanan atau bahan makanan yang diletakkan di tempat terbuka,gunakan masker selama fogging dilakukan”,terang Kepala Dusun Teluk Kombal.

Selain fogging Kegiatan pencegahan juga dapat di lakukan dengan upaya yang disebut gerakan 3M,karena dinilai lebih efektif dibandingkan hanya fogging saja.

Gerakan 3M yaitu :
1.Menguras tempat penampungan air seperti bak mandi,ember air,dll.
2.Menutup rapat” tempat penampungan air.
3.Memanfaatkan kembali / daur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangan nyamuk penular Demam Berdarah.

Setelah melakukan Fogging,Bapak Kepala Dusun Teluk Kombal berharap agar kedepan nya tidak ada lagi warganya yang terjangkit penyakit Demam Berdarah (DBD) tak lupa juga beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah daerah setempat karena telah dengan sigap melakukan upaya untuk melakukan Fogging tersebut.

(Agus Melan)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.