Master Plan Jaringan Induk Komunikasi dan Informatika KLU

KATA PENGANTAR

Era globalisasi telah menempatkan peranan teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kedalam posisi yang sangat strategis karena menghadirkan suatu dunia tanpa batas, jarak, ruang, dan waktu, serta dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Pada sektor pemerintah pengembangan TIK juga dapat mengakomodasi standarisasi tata kelola Information and Communication Technology atau sering disebut dengan istilah IT Governance, sehingga mendukung pemerintahan yang bersih dan transparan.

Dalam rangka mewujudkan visi misi kabupaten Lombok Utara beberapa terobosan terus dikerjakan Pemerintah dan salah satunya pengembangan kabupaten Lombok Utara sebagai Smart city, dimana sasaran program ini merujuk pada pengembangan Sistem Komunikasi berbasis IT bagi Pejabat dan aparatur Daerah. Akan tetapi, wilayah Lombok utara yang sebagian besar adalah daerah perbukitan dan sebagian daerah pinggir pantai, mengakibatkan perkembangan teknologi informasi menjadi tantangan untuk diterapkan karena membutuhkan biaya dan perencanaan yang benar-benar tepat dan terarah.

Tahun 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara melalui dinas komunikasi dan informatika kabupaten Lombok utara bersama dengan tim Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram telah menyusun sebuah menyusun arahan pembangunan Infrastruktur Jaringan Induk Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Utara yang terpadu dan terencana sesuai kebutuhan Pemerintah dan Masyarakat. Dengan adanya Master Plan Jaringan Induk Komunikasi Dan Informatika Lombok Utara ini maka pembangunan di bidang teknologi informasi terutama pada infrastruktur jaringan akan lebih jelas dan terarah.

Semoga Master Plan Jaringan Induk Komunikasi Dan Informatika Lombok Utara ini dapat bermanfaat bagi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di kabupaten Lombok Utara, serta mendapat dukungan dari pimpinan, staf, dan karyawan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Lombok Utara termasuk lembaga terkait juga masyarakat Kabupaten Lombok Utara. Akhirnya kepada semua pihak yang ikut dalam pembuatan Master Plan Jaringan Induk Komunikasi Dan Informatika Lombok Utara kami ucapkan terima kasih.

Download