Bupati Lombok Utara Buka Musrenbang RKPD Lombok Utara Tahun 2020

Rate this article ( 0 Vote )
Hits: 82

Diskominfo KLU, Tanjung - Bertempat di halaman Kantor Bupati Lombok Utara, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara dalam hal ini Bappeda KLU, menggelar acara "Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2020" bersama seluruh OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Kamis (28/03/2019).

Musrenbang RKPD yang mengangkat tema "Lombok Utara Bangun Kembali" tersebut dihadiri oleh Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH., Kabid Sosial dan Budaya Bappeda Provinsi NTB Lalu Hasbullah, Sekda Kabupaten Lombok Utara Drs. H. Suardi, MH., Ketua DPRD Kabupaten Lombok Utara H. Burhan M. Nur, SH., Asisten I Setda KLU Kawit Sasmita, SH., Kepala Bapeda KLU Heryanto, SP., Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, dan tamu undangan dari beberapa NGO.

Dari tahun 2016 - 2021, Kepala Bappeda KLU Heryanto, S.P menjelaskan bahwa Musrenbang RKPD Tahun 2020 adalah merupakan Musrenbang yang ke empat yang telah dilaksanakan oleh Bappeda Kabupaten Lombok Utara, dimana Musrenbang RKPD Tahun 2020 tersebut adalah merupakan inti dari agenda perencanaan daerah dari beberapa rangkaian Musrenbang yang telah dilaksanakan oleh Bappeda KLU.

"Rangkaian panjang proses perencanaan daerah itu, semata-mata kita tujukan untuk betul-betul meningkatkan kualitas perencanaan daerah kita", tutur Heryanto selaku Ketua penyelenggara.

Lanjut, Heryanto menjelaskan bahwa apa yang menjadi kebutuhan mendesak dan kebutuhan perioritas masyarakat berdasarkan target kinerja yang telah tertuang didalam RPJMD KLU, harus bisa diselaraskan dengan prioritas Nasional dan prioritas Provinsi NTB yang pada akhirnya nanti akan di selaraskan dengan kemampuan APBD KLU.

Sementara itu, Kabid Sosial dan Budaya Bappeda Provinsi NTB, Bapak Lalu Hasbullah mengungkapkan bahwa Musrenbang yang telah dilakukan Pemda Kabupaten Lombok Utara sangatlah detail dengan melewati tujuh rangkaian tahapan sebelum dilaksanakannya Musrenbang RKPD tahun 2020 tersebut.

"Menurut penilaian kami Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Musrenbang Kabupaten Lombok Utara merupakan Musrenbang yang secara struktural yang terbaik di Nusa Tenggara Barat" ungkap Lalu.

Di Musrenbang itu juga, Ketua DPRD Kabupaten Lombok Utara H. Burhan M. Nur, SH berkesempatan untuk menyampaikan pokok-pokok pikiran yang terserap dari masyarakat, Ia mengungkapkan bahwa bencana gempa yang melanda daerah Kabupaten Lombok Utara telah menimbulkan kerusakan yang masif bukan hanya berdampak pada infrastruktur tetapi juga berdampak pada perekonomian dan sosial masyarakat sehingga akan terjadinya penurunan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berpandangan bahwa, perencanaan pembangunan ini lebih memprioritaskan penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi kerugian akibat bencana gempa tersebut" ucap Burhan.

Dalam sambutan Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH, Bupati mengaku terharu atas pencapaian APBD Lombok Utara pada tahun 2018 dimana pada tahun-tahun sebelumnya APBD Lombok Utara selalu dibawah angka 1 triliun sebagai akibat dari beberapa faktor permasalahan yang terjadi, tetapi pasca gempa yang melanda Daerah Lombok Utara, APBD Kabupaten Lombok Utara pada tahun 2018 justru mencapai angka di atas 1 triliun.

Dari hal tersebut, Bupati mengajak seluruh masyarakat Lombok Utara untuk tidak perlu memandang secara logik untuk menerjemahkan bahwa musibah gempa tersebut akan meruntuhkan sendi-sendi pembangunan di Lombok Utara, tetapi justru dengan musibah gempa itu masyarakat Lombok Utara harus lebih bersemangat lagi sesuai dengan tema pada Musrenbang tersebut yaitu "Lombok Utara Bangun Kembali".

"Lombok Utara tidak bisa dibangun oleh Superman tetapi kita harus menjadi Super Tim yang kuat untuk membangun kembali Lombok Utara ini" tegas Bupati di akhir sambutannya.

Acara Musrenbang RKPD Tahun 2020 kemudian dibuka secara resmi oleh Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH yang ditandai dengan pemukulan gong bersama Ketua DPRD Kabupaten Lombok Utara, Sekda Kabupaten Lombok Utara, Kabid Sosial dan Budaya Bappeda Provinsi NTB, dan Kepala Bappeda Kabupaten Lombok Utara.

(Yoan) Photo : Yoan(Diskominfo)

About The Author

D

Gender: Male lalusyarief@gmail.com