Inovasi E-warung Utuk Menekan Angka Kemiskinan Di Lombok Utara

Rate this article ( 0 Vote )
Hits: 59

Diskominfo KLU, Tanjung - Penerapan e-warung sebagai pengganti program Beras Sejahtera (Rastra) di Kabupaten Lombok Utara terus di sosialisasikan kepada masyarakat, salah satunya adalah melalui Koordinasi yang telah di lakukan Bappeda Kabupaten Lombok Utara bersama OPD dan seluruh lembaga sosial terkait.

Bermitra dengan pihak Bulog, PKH, Bank BRI, PNM, dan Permodalan Nasional Madani, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara melalui Bappeda KLU menjelaskan manfaat positif dari program e-warung dalam menekan angka kemiskinan, dimana e-warung tersebut terintegrasi dengan program Pemerintah Daerah dalam membangun Wira Usaha Baru (WUB) di Lombok Utara.

Menurut analisa Kepala Bappeda KLU Heryanto, S.P, saat melaksanakan sosialisasi e-warung di gedung aula Kantor Bupati, Jum'at (28/06/2019) kemarin, Ia mengungkapkan bahwa program e-warung sangat tepat untuk menekan angka kemiskinan di Kabupaten Lombok Utara yang berjumlah kurang lebih 373.000 itu, dimana dari hasil keuntungan penjualan beras saja, masing-masing KK akan mendapatkan penghasilan Rp. 4.000.000,- perbulannya.

"Dari penghasilan empat juta setiap KK apabila dalam satu KK terdiri dari tiga orang, maka masing-masing akan mendapatkan sekitar 1,3 juta" jelas Heryanto

Heryanto memastikan bahwa
Dari besaran pengahsilan 1,3 juta/jiwa tersebut, masyarakat akan bisa memenuhi kebutuhan pokoknya, sehingga sebagian besar masyarakat nantinya bisa terlepas dari garis kemiskinan.

Penyaluran dana e-warung dilakukan oleh Bank BRI sebagai Bank penyalur bantuan keluarga kurang mampu dimana masing-masing penerima manfaat akan diberikan bantuan uang senilai Rp. 110.000,- yang hanya bisa dibelanjakan pada e-warung yang sudah dibentuk dengan menggunakan sebuah kartu, hal tersebut bertujuan agar bantuan yang diberikan tidak digunakan untuk hal-hal diluar kebutuhan pokok.

Menurut Ibu Sri Yudhiani selaku Kasi PB IT Bulog, Untuk saat ini pihak Bulog hanya bisa menyediakan beras dan telur untuk dijual kepada masyarakat penerima manfaat melalui e-warung.

(Yoan) Photo : Yoan

About The Author

D

Gender: Male lalusyarief@gmail.com