Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

PENANAMAN 1000 POHON DI PESISIR PANTAI DUSUN TELUK KOMBAL OLEH BPBD LOMBOK UTARA

KIM-TELKOM -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Utara mengadakan penananman pohon di pesisir pantai Dusun Teluk Kombal,penanaman pohon ini di bantu oleh tim BARASIAGA,tokoh Masyarakar,dan Remaja Masjid Raudhatul Iman Dusun Teluk Komba minggu (17 Juli 2022).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Utara membawa ratusan pohon anak Waru untuk di tanam di sekitar pesisir pantai Dusun Teluk Kombal,penanaman ini di lakukan guna untuk mengurangi debit air akibat banjir Rob di hari yang akan mendatang,.

karena di Dusun Teluk Kombal kerap terjadi banjir rob.Bahkan dalam satu bulan banjir rob terjadi 2 kali,dimana setiap kali terjadinya berlangsung selama 4 hari.

Sejak tahun 2019 sampai sekarang intensitas banjir rob memang lebih besar dari tahun yang lalu.Pada tahun lalu (2018) wilayah yang terdampak banjir rob hanya warga yang rumahnya berada di pesisir pantai saja,namun sejak 2019 sampai sekarang wilayah yang terkena banjir rob lebih luas yaitu mencapai pinggir jalan raya.

Penyebab utama banjir rob adalah pasang maksimum air laut yang terjadi karena faktor gravitasi bulan dan matahari,dan gelombang tinggi air laut oleh pengaruh angin yang menyebabkan permukaan air laut lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai.Hal tersebut merupakan masalah yang harus segera di atasi.

 "Apa bila terjadi banjir rob maka debit airnya sangat besar,bisa menjangkau sampai tepi jalan Raya,sampah-sampah pun ikut terbawa,air menggenang,hal tersebut sangat berdampak untuk kesehatan,saya harap pemerintah segera  mengatasi hal tersebut". Jelas ibu Pahniah (warga yang terdampak banjir rob).Untuk meminimalisir hal tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Utara melakukan penanaman Pohon Waru di pesisir pantai.Kepala Dusun Teluk Kombal tentunya sangat bersyukur dan berterimakasih,"Rawat dan jagalah,kami persembahkan untuk kalian anak cucuku kelak" pesan Kepala Dusun Teluk Kombal

(Multazam).

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.