Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

PERKENALKAN APLIKASI PINTAR “PSC-119 LOMBOK UTARA” SEBAGAI PELAYAN ANDA DALAM PERTOLONGAN DARURAT

KIM Sambik Elen-Seiring perkembangan Tekhnologi segala aktifitas layanan publik dalam Pemerintahan menjadi lebih praktis dan efisien. Layanan praktis tersebut tidak hanya dirasakan pada Layanan Pemerintahan tingkat Kabupaten, Juga bahkan ditingkat Desa.

Kabupaten Lombok Utara dengan Jumlah Penduduk yang cukup Pesat dibarengi dengan Luas Wilayah Administrasi yang terdiri dari 43 Desa, kini turut berkembang mengikuti Era tekhnologi Digital dalam hal Pelayanan Publik, utamnya layanan Kesehatan dan Ketertiban.

Pada Hari Senin, 06 Juni 2022 Kemarin, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara memperkenalkan Aplikasi Android yang bernama Public Safety Centre(PSC-119) yang berfungsi sebagai media Pelayanan Darurat seperti layanan Darurat Lakalantas, Penanganan Bencana dan layanan Pengamanan.

“Kami memperkenalkan Aplikasi PSC-119 Lombok Utara/Aplikasi Evice Lotara sebagai aplikasi yang dapat memudahkan Masyarakat untuk mengakses bantuan penanganan Darurat seperti Permohonan Pengiriman Ambulan ke lokasi Kejadian atau bahkan Fasilitas Penanganan Medis(Dokter)”, Terang Narasumber pada Gelaran Sosialisasi Aplikasi di Aula Kantor Camat Bayan Kemarin.

Aplikasi PSC-119 ini dapat di unduh oleh siapa saja melalui Playstore, setelah Masyarakat Mengunduh Aplikasi kemudian akan diminta membuat akun yang terdiri dari email aktif dan Nomor HP. Setelah melakukan aktifasi melalui email yang didapat, Masyarakat kemudian dapat menggunakan aplikasi tersebut pada saat menemukan kejadian darurat diwilayah manapun untuk mendapatkan layanan Fasilitas Keadaan Darurat.

“Tombol Bantuan pada aplikasi akan mengirim sinyal sirine kepada Admin di server apabila ditekan dalam waktu minimal 3 detik, setelah itu admin akan menghubungi pengguna melalui telfon berdasarkan nomor yang digunakan pada saat membuat akun untuk mengkonfirmasi layanan yang dibutuhkan dan lokasinya’’, Sambung Narasumber kepada Peserta.

Dinas Kesehatan akan mengirim layanan yang dibutuhkan ke lokasi dengan menghubungi Fasilitas dan tenaga yang paling dekat dengan Lokasi, misalnya seperti Ambulan Desa terdekat ,Tenaga Medis terdekat, dan atau Pemadam Kebakaran yang paling dekat dengan lokasi pelapor.

Acara sosialisasi yang diselenggarakan ini diikuti oleh Kepala Desa se-Kecamatan Bayan dan Penanggung jawab Ambulan Desa. Di akhir acara semua berharap semoga Keamanan dan Ketertiban di Lingkup Kabupaten Lombok Utara terus dapat ditingkatkan demi kenyamanan Bersama.

(H/E)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.