Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Gencarkan Program KWT, Ketua TP PKK KLU Lakukan Kunjungan ke Dusun Kerurak

Diskominfo KLU, Tanjung – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Lombok Utara (TP PKK KLU) Dra. Hj. Galuh Nurdiyah melakukan kunjungan kerja sekaligus bersilaturahmi ke Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Dusun Kerurak Desa Segarakaton Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara, Senin (30/08/2021).

Dijelaskan Hj. Galuh Nurdiyah, tujuan rombongan TP PKK Kabupaten Lombok Utara menyambangi Dusun Kerurak tersebut adalah untuk melihat lebih dekat keberhasilan para KWT Putri Kembang Kerurak dalam pengoptimalan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai penyangga kebutuhan pangan keluarga.

“Kami melihat hasil yang ada di Dusun ini (Kerurak_red) luar biasa. Jadi ibu-ibu sudah bisa memanfaatkan pekarangannya dengan maksimal, sehingga dari segi ekonomi bisa membantu ibu-ibu ini untuk mengurangi budget pengeluaran untuk rumah tangganya,” sebut Ketua TP PKK KLU itu.

Melihat suksesnya program Perkarangan Pangan Lestari (P2L) yang dipraktikkan oleh KWT Putri Kembang Kerurak khususnya pada sayur-mayur atau tanaman palawija tersebut, Hj. Galuh Nurdiyah berharap ikhtiar yang sudah terlihat hasilnya itu bisa berkesinambungan.

“Besar harapan kami, untuk selanjutnya tidak saja hanya kali ini (P2L_red) tetapi harus berkesinambungan,” tuturnya.

Melihat pentingnya program KWT P2L tersebut, Hj. Galuh Nurdiyah meminta kepada Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian KLU Evi Winarni, SP. M.Si yang hadir mendampingi, agar menjalankan program serupa di dusun-dusun desa yang lain, sehingga taraf kesejahteraan masyarakat bisa terus meningkat sesuai apa yang menjadi harapan bersama terutama dalam bidang kesehatan.

“Kami juga mengimbau, memberikan masukan kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Utara untuk bisa memprogramkan selanjutnya di semua dusun ataupun di desa-desa yang lain yang ada di Kabupaten Lombok Utara,” kata Hj. Galuh.

Sementara itu, Denda Miskah selaku Ketua KWT Putri Kembang Kerurak mengaku bahagia telah dikunjungi oleh rombongan TP PKK Kabupaten Lombok Utara. Sedikit bercerita, Denda mengatakan sejak berjalannya program P2L di dusunnya itu, ia bersama 75 ibu-ibu yang lain, kini tidak lagi mengeluarkan uang hanya untuk sekedar membeli sayur-sayuran.

“Alhamdulillah, banyak sekali manfaatnya selama ada KWT ini, jadi sekarang kami tidak lagi mengeluarkan uang untuk membeli sayuran, kami bisa memetiknya di depan rumah kami sendiri,” jelas ibu Denda.

Selain meminimalisir pengeluaran, manfaatnya lain yang dirasakan oleh ibu Denda adalah kesehatan. Ia mengungkapkan, bahwa dalam pemupukan sayur-mayurnya itu, sedikitpun tidak menggunakan bahan kimia melainkan dengan pupuk alami atau organik.

Atas keberhasilannya bersama anggota KWT tersebut, Denda menyebutkan manfat yang paling berharga yang mereka rasakan saat ini adalah ketika mereka bisa berbagi dan membantu sanak-saudara mereka yang ada di dusun lain yang kini kesulitan dalam ekonomi terlebih dalam masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Syukur alhamdulillah, kami bisa berbagi kepada sahabat maupun keluarga kami yang datang, setidaknya bisa membantu apalagi dalam masa pandemi seperti sekarang ini,” ujarnya.

Diakhir kunjungan Ketua TP PKK KLU itu, Denda Miskah menyampaikan sedikit harapannya terkait persoalan air yang masih sulit di dusun mereka. Ia meminta kepada rombongan TP PKK KLU beserta Plt. Kepala DKPP KLU untuk memberikan sedikit bantuan kepada kelompok mereka berupa pengadaan bak penampungan air serta pipa untuk dialirkan ke pekarangan rumah masing-masing warga.

(Yoan)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *