Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Desa Senaru Masuk Daftar 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia 2021

Diskominfo KLU, Bayan – Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH., menerima penghargaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno B.A, M.B.A., atas masuknya Desa Senaru dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021 bertempat di Bale Adat Dusun Senaru, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kamis (04/11/2021).

Pada momen bahagia itu, Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu menyampaikan terimakasih kepada Menparekraf Sandiaga Uno beserta rombongan atas kunjungannya ke Kabupaten Lombok Utara khususnya di Desa Senaru.

“Selamat datang Pak Menteri dan rombongan, terima kasih atas kehadirannya di Desa Senaru,” tutur Bupati.

Dengan terpilihnya Desa Senaru sebagai salah satu desa wisata terbaik Indonesia saat ini, H. Djohan Sjamsu berharap anugerah dari Kemenparekraf RI tersebut, menjadi salah satu simbol wujud kebangkitan pariwisata di Lombok Utara yang kini lesu akibat mewabahnya Virus Covid-19 di berbagai negara.

“Harapan kita selesainya Covid-19 ini, seluruh kegiatan wisata bangkit, untuk membangun diri dan daerah kita,” ucap Bupati.

Sementara itu, Menparekraf RI Sandiaga Uno usai berkeliling melihat keindahan Desa Senaru, Menteri yang berjiwa milenial ini menyebutkan bahwa Desa Senaru memiliki potensi yang cukup besar dalam pengembangan pariwisata yang akan mampu membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

“Saya tadi sudah berkeliling melihat keindahan, dan ini akan menjadi sebuah desa yang akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Bang Sandi sapaan akrab Menparekraf RI.

Seiring akan digelarnya perhelatan dunia yaitu WSBK (World Superbike) dan MotoGP Mandalika dalam waktu dekat ini, Bang Sandi menginginkan desa wisata yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) dapat terintegrasi dalam satu bagian jejaring tour atau peta perjalanan untuk memudahkan para wisatawan mengakses tujuan wisata yang akan dikunjungi, salah satunya Desa Wisata Senaru yang ada di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

“Harapan kita jejaring ini, bisa menawarkan satu pengalaman yang berbeda, sehingga Insyaallah pariwisata akan pulih, ekonomi kreatif akan bangkit dan lapangan kerja kembali terbuka,” pungkas Menparekraf RI.

Sebagai bentuk komitmennya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang menginginkan pariwisata dan ekonomi masyarakat bangkit, Bang Sandi saat menyambangi Kampung Adat Senaru itu, menyempatkan diri untuk berbelanja membeli produk-produk lokal dari pelaku UMKM Desa Senaru yang telah diakomodir pihak desa.

“Kami melakukan penetrasi serbuan rojali (rombongan jadi beli) dan rogana (rombongan gak pakek nanya) langsung saja, supaya pariwisata dan ekonomi kreatif ini segera bangkit dan ekonomi segera bergerak,” kata Bang Sandi dalam candanya disambut tawa bahagia masyarakat Senaru.

Di akhir kunjungannya menyapa warga Senaru, Bang Sandi melalui pantunnya berpesan, agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19 demi pulihnya pariwisata di Kabupaten Lombok Utara.

“Melihat air terjun bikin hati gembira, pemandangannya begitu menakjubkan, jika kondisi Parekraf Lombok Utara ingin pulih segera, mari disiplin terapkan protokol kesehatan,” pantun Menteri Milenial Sandiaga Salahuddin Uno diiringi riuh tepuk tangan warga.

(Yoan)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *