Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Buka Sosialisasi keamanan PJAS, Bupati Harapkan Adanya Peningkatan SDM di Bidang Kesehatan

Diskominfo KLU, Tanjung – Bupati Lombok Utara H.Djohan Sjamsu, SH membuka secara resmi sosialisasi keamanan pangan jajanan anak usia sekolah (PJAS) bertempat di Hotel Mina, Selasa (12/04/2022).

Mengawali sambutannya, Bupati Memberikan apresiasi yang setinggi-tinggnya kepada Badan POM mataram yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.Lanjutnya, Bupati menyampaikan Lombok Utara merupakan Daerah termuda di Nusa Tenggara Barat, Dengan angka kemiskinan cukup tinggi sekitar 27% sampai dengan 43,14%.

Dengan meningkatnya pembangunan Fasilitas Daerah, sehingga di Tahun 2022 menurun menjadi 20%.

“Masih banyak lagi tugas kita sebagai pemerintah daerah terutama dibidang Pendidikan maupun Kesehatan. Inilah persoalan-persoalan yang menyangkut pada sektor SDM ( Sumber Daya Manusia ) yang ada di Lombok Utara, Mulai dari meningkatnya anak stunting, putus sekolah dan seterusnya” Ungkap Bupati Dengan diselenggarakan Sosialisasi Oleh Badan POM Mataram, Bupati mengharapkan adanya peningkatkan SDM di Lombok Utara baik di bidang pendidikan maupun bidang kesehatan.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala Balai Besar POM Mataram Dra. I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, APt menjelaskan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang No. 18 tahun 2012 tentang Pangan, merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin di dalam UUD 1945.Lanjutnya, Negara berkewajiban mewujudkan pemenuhan konsumsi pangan yang aman, bermutu, dan bergizi hingga perseorangan.

Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS) berperan penting dalam pemenuhan asupan energi dan gizi anak usia sekolah. Di jelaskannya pula, PJAS merupakan pangan siap saji yang ditemui dan dijual di lingkungan sekolah serta secara rutin dibeli dan dikonsumsi oleh sebagian besar anak sekolah.

” Aksi Nasional Gerakan menuju Pangan Jajanan Anak Sekolah yang Aman, Bermutu, dan Bergizi (Aksi Nasional PJAS) telah dicanangkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia pada tanggal 31 Januari 2011″ ungkapnyaPencanagan tersebut sebagai gerakan untuk meningkatkan PJAS yang aman, bermutu, dan bergizi melalui peran serta aktif yang lebih terpadu dari seluruh kementerian, lembaga pemerintah, dan lintas sektor di pusat maupun daerah serta pemberdayaan komunitas sekolah.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan guru dan siswa dapat memperoleh informasi keamanan pangan, serta adanya perubahan perilaku siswa, orang tua siswa, guru, pedagang pangan, dan pengelola kantin.

(Idham/Mizan)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.