Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Bupati Lombok Utara Panen Perdana Buah Korma di Halaman Masjid Darul Ikhsan

Diskominfo KLU, Tanjung – Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH panen perdana buah kurma yang dilaksanakan setelah sholat Jumat berjamaah, bertempat di halaman Masjid Darul Ikhsan Dusun Karang Kates Desa Gondang, Jumat (29/12)2023).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan rasa syukur atas panen korma yang semoga menjadi komoditi unggulan untuk Lombok Utara.

“Alhamdulillah, walaupun hanya satu pohon, ini tanda bahwa korma bisa tumbuh di negara kita,” Ucapnya.

Dengan harapan agar korma menjadi komoditi unggulan, Bupati optimis bahwa buah tersebut akan menjadi potensi ekonomi baru untuk Lombok Utara, mengingat daerah tersebut merupakan destinasi wisata.

Pada momen panen perdana tersebut, Bupati bersama pembina kurma ukwah datu, Wak Dolah, memanen dua tangkai buah kurma dengan berat mencapai 1,8 Kg dan 1 Kg.

Sementara itu, saat diwawancarai, Wak Dolah menjelaskan bahwa kurma yang ditanam di halaman masjid berasal dari biji yang disemai di Dusun Papak dan kini sudah berumur sekitar 4 tahun.

Wak Dolah menegaskan bahwa kurma yang dihasilkan, meskipun pada umumnya harus dibuang saat pertama panen, merupakan bukti keberhasilan budidaya kurma di Lombok Utara.

“Setelah mengikuti pameran di Abu Dhabi, kita resmi diakui oleh dewan kurma internasional, menempatkan Lombok Utara sebagai salah satu dari 19 negara produsen kurma di dunia,” jelasnya

(Ham)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *