Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Petani Desa Jenggala – Tanjung Mengambil Langkah Strategis dengan Beralih Menanam Anggur di Musim Kemarau

Kim KLU Berkarya (Tanjung) – Dalam menyikapi tantangan musim kemarau yang terus berlanjut, sejumlah petani di Kabupaten Lombok Utara (KLU) telah mengambil langkah proaktif dengan beralih menanam anggur. Keputusan ini diambil sebagai respons terhadap kondisi iklim yang semakin tidak menentu, menunjukkan adaptasi dan inovasi dalam sektor pertanian. Senin, (21/11/2023).

Pertumbuhan anggur terbukti lebih tahan terhadap kondisi kemarau dibandingkan dengan beberapa tanaman lainnya. Petani di wilayah ini melaporkan bahwa produktivitas yang baik dari tanaman anggur memberikan hasil yang lebih stabil bahkan dalam kondisi cuaca ekstrem.

Salah satu petani anggur asal Tanak Song, Desa Jenggala, KLU, Edwin Syaputra menyatakan, “Melihat perubahan pola cuaca dan tantangan musim kemarau yang semakin sering, kami memutuskan untuk mencoba beralih menanam anggur. Ini adalah langkah yang kami ambil untuk menjaga keberlanjutan usaha pertanian kami dan mengurangi dampak dari perubahan iklim.”

Selain itu, beberapa petani juga melaporkan adanya peningkatan permintaan pasar untuk produk-produk anggur lokal. Langkah ini tidak hanya bertujuan untuk mengatasi kendala musim kemarau, tetapi juga memberikan peluang ekonomi yang positif bagi komunitas petani.

Pemerintah setempat mendukung langkah-langkah ini dengan menyediakan bantuan teknis dan pelatihan untuk memastikan keberhasilan beralih menanam anggur. Langkah ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi sektor pertanian lainnya dalam menghadapi perubahan iklim yang semakin nyata.

Dengan adanya inisiatif ini, petani di wilayah selain dari Tanjung seperti Kayangan dan Bayan menunjukkan ketangguhan dan adaptabilitas dalam menghadapi tantangan lingkungan. Semoga langkah-langkah seperti ini dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif baik untuk petani maupun masyarakat secara keseluruhan. (Mng).

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *