Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Petani Desa Selelos Berhasil Meningkatkan Produksi Durian Melalui Teknik Sambung Batang

Kim Lingkar Utara, (Selelos) – Seorang petani di Dusun Serungga, Desa Selelos, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, yang kesehariannya di panggil Kadek Lanus yang berprofesi sebagai petani telah mencapai sukses besar dalam pengembangan durian menggunakan teknik sambung batang. Dengan gigih dan inovatif, petani tersebut berhasil meningkatkan produksi durian dan kualitasnya. Selasa, (21/11/2023).

Teknik sambung batang yang diterapkan oleh petani ini melibatkan penyatuan dua batang durian yang berbeda menjadi satu tanaman. Hasilnya, durian yang dihasilkan memiliki kombinasi karakteristik yang unggul dari kedua varietas yang digunakan. Hal ini tidak hanya meningkatkan hasil panen, tetapi juga meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit dan cuaca ekstrem.

“Cara ini memang banyak di gunakan sama petani-petani lainnya, namun ada cara yang menyabung batang dengan teknik-teknik tertentu, dengan jenis entres pilihan hasil tentu berbeda unik dan berkualitas”. Jelas bapak anak 3 itu.

Keberhasilan petani ini tidak hanya menciptakan peluang ekonomi bagi dirinya sendiri, tetapi juga memberikan dampak positif pada komunitas petani di sekitarnya. Para petani lainnya mulai tertarik untuk mengadopsi teknik sambung batang ini dalam upaya meningkatkan hasil panen durian mereka.

Pemerintah setempat juga memberikan apresiasi terhadap prestasi petani tersebut, dan berencana untuk memberikan dukungan lebih lanjut melalui pelatihan dan bantuan teknis kepada petani-petani lokal. Harapannya, keberhasilan ini dapat menjadi inspirasi bagi para petani lainnya untuk menerapkan inovasi dalam pertanian mereka guna meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas sektor pertanian. (mng).

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *